Langkah Mengecat Mudah Menggunakan Cat Semprot

Published by Briantiko Aji on

Cat semprot kemasan kaleng umumnya digunakan untuk mengecat pada tembok (sebagai mural ataupun grafiti), memberi lapisan bodi motor atau mobil kesan estetis, juga untuk mewarnai beragam perabot rumah tangga. Sejak pertama kali tercipta, cat semprot dalam kemasan kaleng aerosol menjadi inovasi yang memudahkan penggunanya saat ingin mengecat secara lebih efisien dan efektif.

Walaupun terkesan mudah, tapi ada beberapa hal yang wajib kamu tahu sebelum menggunakan cat semprot. Jangan anggap remeh hanya karena tinggal semprot, ketahui cara penggunaan cat semprot yang tepat untuk hasil yang lebih sempurna.

Sebenarnya cara menggunakan cat semprot kaleng tidak jauh berbeda dengan mengecat menggunakan kompresor atau spraygun. Bahkan, cara mengecat dengan cat dalam kemasan kaleng aerosol bisa dikatakan tidak begitu sulit dan sangatlah simpel. Untuk menggunakannya, kita hanya tinggal mengocok kaleng cat tersebut beberapa kali dan tinggal menyeprotkan ke media yang ingin dicat.

Sebenarnya semua teknik mengecat menggunakan cat semprot kaleng sama dengan mengecat dengan cat kompresor baik itu bagaimana cara melakukan pengamplasan dan amplas yang digunakan adalah sama. Oleh karena itu, agar cat semprot bisa melapisi dengan sempurna dan tidak mudah mengelupas ada beberapa teknik yang harus Anda pahami. Langkah-langkah di bawah ini bisa dipraktikkan sendiri di rumah agar Anda tidak perlu membayar jasa bengkel dalam proses pengecatan.

  1. Untuk langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengamplas bidang yang akan dicat, amplas bersamaan dengan air, kemudian cuci pakai sabun. 
  2. Amplas yang digunakan adalah amplas halus. Nomor amplas sekitar no 800 atau jika untuk meratakan bisa gunakan amplas kasar terlebih dulu. Setelah selesai diamplas, cuci kembali hingga bersih.
  3. Keringkan dan lap dengan kain mikrofiber. Biarkan sampai benar-benar kering.
  4. Setelah kering siapkan dahulu cat kaleng warna silver dan warna pilihan. warna silver untuk dijadikan dasar supaya nanti warna yang diinginkan gak boros dan rata. Gunakan pula cat clear/ pernis untuk finishing.
  5. Kocok dahulu cat kaleng sebelum disemprotkan. 
  6. Semprotkan cat kaleng dengan jarak sekitar 30 cm. Langkah penyemprotan jangan diam di satu titik, tetapi harus terus sambil berjalan. Anda pasti mengerti maksudnya. Jika diam, cat akan menumpuk dan luber.
  7. Jangan langsung mengecat tebal di satu titik, coba sedikit demi sedikit, satu lapis keringkan dulu, lalu semprot lagi unutk menghindari cat meleleh.
  8. Selanjutnya, semprotkan cat clear atau pernis untuk mengilapkan dan melapisi warna.
  9. Biarkan lapisan cat mengering dan jangan disentuh. Biarkan hasil cat di tempat yang agak panas tapi jangan dijemur langsung di bawah matahari.

Yang terpenting dari semuanya, gunakan selalu cat semprot aerosol terbaik yang tersedia di pasaran. Gunakan selalu Premium Spray Paint tipe Standard dari AutoGard. Cat semprot andalan dari AutoGard ini merupakan cat semprot impor premium yang diolah dengan teknologi modern dari bahan dasar bermutu tinggi dengan pigmen warna yang berpartikel super kecil sehingga hasil warna cat lebih halus dan cemerlang. Keunggulan lain dari Premium Spray Paint tipe Standard dari AutoGard adalah cepat kering dan tahan lama. Canggihnya lagi, Premium Spray Paint tipe Standard dari AutoGard bisa digunakan untuk melapisi beragam benda atau perabot Anda, misalnya helm, panel body motor atau mobil, serta pada barang barang rumah tangga seperti kulkas, pintu yang telah di cat duco, bahkan sebagainya.

Categories: Tips

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.