AutoGard – Hi Temp, Cat Terbaik untuk Meremajakan Knalpot yang Mencoklat

Published by Briantiko Aji on

Jika bagian “leher knalpot” di motor sudah menguning akibat endapan kotoran atau karatan, apakah bisa “diremajakan” lagi agar tampak seperti baru? Pertanyaan ini mungkin menghantui kalian para pengendara motor yang merasa terganggu dengan warna “leher knalpot” motor kesayangan Anda yang sudah menguning. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah selama kondisinya belum keropos atau bocor, “leher knalpot” motor yang menguning masih bisa kok diperbaiki tampilannya.

Nih, simak beberapa langkah mudah buat kalian yang mau meremajakan tampilan visual dari knalpot yang warnanya memudar atau mencoklat kemerahan karena termakan usia.

  • Lepas Knalpot

Lepas knalpot dari motor, misalnya pada motor-motor skuter matic Honda, ada 2 mur ukuran 10mm yang mengikat ke bagian exhaust mesin, dan 2 baut ukuran 14mm penopang pada blok mesin. Jangan lupa lepas cover plastik knalpot dengan kunci shock 10mm.

  • Bersihkan Permukaan Knalpot

Bersihkan permukaan luar knalpot kalian dari kotoran, minyak, dan karat dengan mengamplasnya dengan amplas nomor 800—1000.

Seiring waktu, knalpot warna hitam bisa berubah warna, baik warna yang memudar atau timbulnya warna coklat karena karat terutama pada bidang sambungan. Pastinya paparan panas tinggi adalah penyebab perubahan penampilan knalpot itu. Karena leher knalpot kondisinya bisa memanas ketika mesin beroperasi, maka prosesnya perlu pakai cat dengan spesifikasi khusus tahan panas.

Salah satu cat tahan panas terbaik yang ada di pasaran adalah AutoGard Premium Spray Paint – Hi Temp. Cat premium ini terbuat dari formula khusus serta bahan berkualitas sehingga lebih tahan panas, sangat tepat saat digunakan untuk melapisi media yang selalu terpapar panas seperti knalpot, blok mesin, engine cover, kap mesin bagian bawah, bahkan untuk peralatan rumah tangga seperti tatakan burner kompor dan oven. Salah satu varian cat terbaik dari AutoGard ini tahan terhadap temperatur tinggi hingga 600° celcius.

  • Lakukan Teknik Pengecatan yang Tepat

Semprotkan cat dengan jarak sekitar 30 cm dari objek. Semprotkan tipis-tipis, lakukan pengulangan dengan arah semprotan bersilangan, jika disemprot awal dengan horizontal, semprotan berikutnya lakukan secara vertikal. Berikan waktu jeda antar sesi setiap 3 menit untuk memberikan kesempatan lapisan awal mengering.

  • Lakukan Pengecatan Berlapis

Lakukan proses pengecatan pada knalpot hingga 3 lapis untuk hasil maksimal. Beri jeda 5 menit untuk tiap lapisan agar mengering dan hasilnya sempurna. Pengecatan dengan AutoGard Premium Spray Paint – Hi Temp akan lebih efektif jika dilakukan di luar ruangan dengan cuaca cerah dan suhu lingkungan di atas 25°Celcius. Aplikasi cat akan lebih optimal setelah dikeringkan selama 24 jam.

Categories: Tips

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.